Informasi

Home   /   Universitas Adiwangsa Jambi (UNAJA) melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat Stimulus (PKMS)

Universitas Adiwangsa Jambi (UNAJA) melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat Stimulus (PKMS)

24 November 2020 | 12:22:53 WIB | Hits: 1065

Universitas Adiwangsa Jambi (UNAJA) melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat Stimulus (PKMS) dengan pendanaan dari DRPM RI Tahun 2020. Acara pengabdian ini diketuai oleh Resi Silvia, S.Pd., M.Pd dan anggotanya yaitu Angga Warda Prasakti, S.Pd., M.Pd yang merupakan dosen UNAJA. Kegiatan ini bertemakan ‘Budidaya Ikan beserta Sayuran Organik secara Akuaponik’ yang dilaksanakan kurang lebih selama 6 bulan yang telah dimulai dari bulan Juli 2020 hingga pendampingan yang sedang berjalan hingga saat ini. Pengabdian ini melibatkan warga RT 26 Kelurahan Paal Merah Kota Jambi sebagai mitra.

Universitas Adiwangsa Jambi (UNAJA) melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat Stimulus (PKMS) dengan pendanaan dari DRPM RI Tahun 2020. Acara pengabdian ini diketuai oleh Resi Silvia, S.Pd., M.Pd dan anggotanya yaitu Angga Warda Prasakti, S.Pd., M.Pd yang merupakan dosen UNAJA. Kegiatan inibertemakan ‘Budidaya Ikan beserta Sayuran Organik secara Akuaponik’ yang dilaksanakan kurang lebih selama 6 bulan yangtelah dimulai dari bulan Juli 2020 hingga pendampingan yang sedang berjalan hingga saat ini. Pengabdian ini melibatkan warga RT 26 Kelurahan Paal Merah Kota Jambi sebagai mitra.

Pengabdian Masyarakat ini terdiri dari beberapa tahapan, seperti pembuatan sistem akuaponik, pelatihan pembuatan filter, pelatihan penanaman bibit, pembibitan ikan, pemeliharaan dan pemanenan. Kegiatan pelatihan dan sosialisasi dilakukan secara langsung dan online. Pelatihan secara langsung dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan mengingat pandemi Covid-19 yang semakin meluas. Sementara pelatihan online dilakukan dengan menggunakan media sosial whatsapp dan youtube. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan dan antusias peserta dan mitra sangat baik.

Pemeliharaan ikan terintegrasi dengan pemeliharaan sayuran dalam sistem akuaponik ini. Sistem ini memanfaatkan air kolam ikan untuk nutrisi sayuran. Tentu saja kegiatan ini dapat menghasilkan sayuran organik dan ikan yang lebih sehat. “Kegiatan PKMS Akuaponik ini memberikan banyak manfaat bagi kami, selain menambah pengetahuan, kegiatan ini kedepannya bisa menjadi usaha mandiri bagi warga dan bisa meningkatkan perekonomian, apalagi ditengah pandemic Covid-19 yang semakin meningkat di Jambi” ujar M. Hidayat yang merupakan Ketua Mitra PKMS.

“Akuaponik ini memiliki berbagai kelebihan, diantaranya sistem ini merupakan sistem yang ramah lingkungan dan perkiraannya hanya menggunakan sekitar 10 persen air dari pertanian biasa, ditambah lagi keunggulan sistem ini yaitu tidak menggunakan peptisida, semuanya serba alami.” ujar Resi Silvia, S.Pd., M.Pd, sebagai ketua PKMS.

 

Informasi Lainnya

Sensasi Mahasiswa Rubrik Kreatif (SEMARAK) Unajas

Pengangkatan Pengurus Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Jambi Periode 2019-2023.s

DUA MAHASISWA FARMASI LOLOS VERIFIKASI KN MIPA 2021 (Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu pengetahs

UNAJA MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 Hs