Penandatanganan Kerja Sama dan Kuliah Umum

Penandatanganan Kerja Sama dan Kuliah Umum

Admin - 16 December 2021 | 15:28:23 WIB | Hits: 347

Dilaksanakan di Ruang Auditorium UNAJA pada Rabu, 15 Desember 2021

 

Kegiatan Penandatanganan Kerja Sama Universitas Adiwangsa Jambi dengan Ikatan Akuntansi Indonesia Provinsi Jambi dilakukan bersamaan dengan Kuliah Umum Urgensi Sertifikasi Kompetensi dan Profesi Akuntansi dalam Dunia Kerja pada Rabu, 15 Desember 2021.

 

Kuliah umum

 

Pada masa global ini, pertumbuhan dunia teknologi mengalami peningkatan yang luar biasa. Adanya peningkatan pertumbuhan teknologi yang begitu besar turut diikuti dengan tuntutan kompetensi di dunia kerja.

 

Proses pencarian kerja tidak lagi sebatas lulusan universitas mana dan jurusan apa, tapi lebih kepada keahlian yang dimiliki tiap personalnya. Telah banyak pembahasan bahwa saat ini tengah memasuki jaman industry 4.0 dimana banyak sekali teknologi yang membantu pekerjaan manusia. Ini menjadikan lowongan pekerjaan makin sukar didapatkan oleh tiap-tiap orang bahkan sudah banyak yang digantikan oleh mesin tentunya. Ditambah dengan banyaknya kejadian lahan kerja untuk lulusan akuntansi malah diisi oleh lulusan jurusan lain. Adanya sertifikasi kompetansi menunjukkan pentingnya kompetensi yang dimiliki maksimal.

 

kuliah umum

 

Seorang akuntan bertanggungjawab dalam penyajian data sampai pencipta nilai. Gelar sertifikasi sangat diperlukan oleh seorang akuntan sebagai bentuk profesionalitas. Salah satu yang berhak untuk menguji sertifikasi kompetensi akuntansi di Indonesia adalah Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) dan menetapkan sebutan Chartered Accountant Indonesia (CA) sebagai kualifikasi akuntan profesional sesuai panduan standar internasional.

 

Kualifikasi ini juga ditetapkan untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada profesi akuntan, memberikan perlindungan terhadap pengguna jasa akuntan, serta mempersiapkan akuntan Indonesia menghadapi tantangan profesi dalam perekonomian global.

Sertifikat CA diberikan kepada seseorang yang dinilai telah memenuhi kualifikasi untuk menjalankan peran sebagai Akuntan Profesional sesuai kompetensi utama dan kompetensi khusus CA.

Untuk memperoleh sebutan CA, seseorang harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1. Lulus ujian sertifikasi CA Indonesia yang dilaksanakan oleh IAI; dan

2. Memiliki pengalaman dan/atau menjalankan praktik keprofesian di bidang akuntansi, baik di sektor pendidikan, korporasi, sektor publik, maupun praktisi akuntan publik yang data di verifikasi paling sedikit 3 (tiga) tahun di bidang akuntansi yang di peroleh dalam 7 (tujuh) tahun terakhir; dan

3. Sebagai Anggota IAI.

Informasi Lainnya

WEBINARs

Mahasiswa Universitas Adiwangsa Jambi Menciptakan Malam Keakraban (MAKRAB) dan pentas Senis

Road Show Ngabuburit UNAJA Asyik #2s

Pengabdian Masyarakat Fakultas Kesehatans