VISI
"Menjadi program studi pendidikan matematika yang unggul, tepercaya dan mampu menghasilkan guru Matematika yang adaptif serta berjiwa Socio-Technopreneurship pada tahun 2030"
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dibidang Pendidikan Matematika yang berkualitas setara dengan perguruan tinggi terkemuka di Jambi pada tahun 2030.
- Melaksanakan penelitian dan publikasi dalam rangka mengembangkan ilmu pendidikan matematika;
- Menerapkan hasil penelitian dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan matematika dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat;
- Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat regional dan nasional untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran matematika, penelitian, publikasi serta pengabdian kepada masyarakat.
- Menyelenggarakan tata kelola program studi Pendidikan Matematika yang berkualitas dan modern dengan memanfaatkan teknologi tepat guna.
TUJUAN
- Menghasilkan lulusan pendidik dan tenaga pendidikan yang berkualitas dan professional
- Menghasilkan penelitian dan publikasi dalam rangka mengembangkan ilmu pendidikan matematika
- Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang bermanfaat bagi masyarakat
- Tercapainya kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat regional dan nasional untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran matematika, penelitian, publikasi serta pengabdian kepada masyarakat.
- Terwujudnya tata kelola program studi pendidikan matematika yang berkualitas dan modern dengan memanfaatkan teknologi tepat guna.
PROSPEK LULUSAN
- Mampu mengelola proses pembelajaran, menguasai berbagai metode, media dan sumber belajar.
- Mampu menguasai dan mengikuti perkembangan iptek serta mengimplementasikannya sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran.
- Mampu melakukan penelitian dan mengimplementasikan hasil penelitian di bidang pendidikan matematika.
- Memiliki jiwa socio-technopreneurship.
KURIKULUM
Semester | No | Kode MK | Matakuliah | SKS | Pra-Syarat |
1 |
UAJ 101 |
Pendidikan Agama |
2 |
||
2 |
UAJ 102 |
Bahasa Indonesia |
2 |
||
3 |
UAJ 103 |
Pendidikan Pancasila |
2 |
||
4 |
KIP 101 |
Pengantar Ilmu Pendidikan |
2 |
||
1 | 5 |
KIP 102 |
Bahasa Inggris |
2 |
|
6 |
MAT 101 |
Statistika dasar |
3 |
||
7 |
MAT 102 |
Aljabar |
3 |
||
8 |
MAT 103 |
Pengantar Dasar Matematika |
3 |
||
9 |
MAT 104 |
Kalkulus Diferensial |
3 |
||
Jumlah SKS | 22 | ||||
2 | 1 |
UAJ 104 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
|
2 |
KIP 103 |
Belajar dan Pembelajaran |
2 |
|
|
3 |
KIP 106 |
Pendidikan Sosial dan Budaya |
2 |
|
|
4 |
MAT 105 |
Aplikasi Komputer Matematika |
3 |
|
|
5 |
MAT 106 |
Trigonometri |
3 |
|
|
6 |
MAT 107 |
Teori Bilangan |
2 |
|
|
7 |
MAT 108 |
Geometri |
3 |
|
|
8 |
MAT 109 |
Kalkulus Integral |
3 |
Kalkulus Diferensial |
|
9 |
MAT 130 |
Kapita Selekta Pendidikan Matematika |
2 |
|
|
Jumlah SKS |
22 |
|
|||
3 | 1 |
KIP 104 |
Perkembangan Peserta didik |
2 |
|
2 |
KIP 105 |
Psikologi Pendidikan |
2 |
|
|
3 |
MAT 113 |
Geometri Analitik Bidang dan Ruang |
3 |
Geometri |
|
4 |
MAT 115 |
Kalkulus Vektor |
3 |
Kalkulus Integral |
|
5 |
MAT 119 |
Kurikulum dan Pembelajaran Matematika |
3 |
|
|
6 |
MATP 120 |
Strategi Pembelajaran Matematika |
3 |
|
|
7 |
MAT 124 |
Algoritma dan Pemrograman |
3 |
|
|
8 |
MATP 126 |
Perencanaan Pembelajaran Matematika |
3 |
|
|
Jumlah SKS |
22 |
|
|||
4 | 1 |
MAT 117 |
Program Linear |
3 |
|
2 |
MAT 118 |
Geometri Transformasi |
3 |
Geometri Analitik Bidang & Ruang |
|
3 |
MAT 151 |
Analisis Real |
3 |
|
|
4 |
MATP 125 |
Evaluasi Pembelajaran Matematika |
3 |
|
|
5 |
MAT 127 |
Multimedia Pembelajaran Matematika |
3 |
|
|
6 |
MAT 138 |
Teori Graf |
3 |
|
|
7 |
MAT 145 |
Matematika Kontekstual |
3 |
|
|
Jumlah SKS |
21 |
|
|||
5 | 1 |
KIP 107 |
Metodologi Penelitian Pendidikan |
3 |
|
2 |
MAT 114 |
Aljabar Linear |
3 |
|
|
3 |
MAT 123 |
Persamaan Diferensial |
3 |
Kalkulus Vektor |
|
4 |
MAT 129 |
Matematika Diskrit |
3 |
|
|
5 |
MAT 132 |
Analisis Kompleks |
3 |
|
|
6 |
MAT 150 |
Statistika matematika |
3 |
|
|
Jumlah SKS |
18 |
|
|||
6 | 1 |
UAJP 105 |
Enterpreneurship |
2 |
|
2 |
KIPP 108 |
Profesi Kependidikan |
3 |
|
|
3 |
MAT 131 |
Metode Numerik |
3 |
|
|
4 |
MAT 133 |
Struktur Aljabar |
3 |
|
|
5 |
MAT 135 |
Matematika Ekonomi |
3 |
|
|
6 |
MATP 142 |
Penelitian Kualitatif |
3 |
|
|
7 |
MAT 152 |
Pembelajaran Mikro |
2 |
|
|
Jumlah SKS |
19 |
|
|||
7 | 1 |
KIPP 109 |
Seminar Pendidikan |
3 |
|
2 |
KIP 110 |
Program Pengenalan Lapangan (PPL) |
4 |
|
|
3 |
Mata Kuliah Pilihan Peminatan (Edupreneur matematika dan asisten peneliti) |
7 |
|
||
*Edupreneur |
|
|
|||
MAT 140 |
Pemrograman Desain Web |
2 |
|
||
MAT 121 |
Produksi Media pembelajaran matematika |
3 |
|
||
MAT 146 |
Digitalisasi Pembelajaran Matematika |
2 |
|
||
*Asisten Peneliti |
|
|
|||
MAT 147 |
Penelitian Pengembangan |
2 |
|
||
MAT 148 |
Trend Penelitian Pendidikan Matematika |
2 |
|
||
MAT 149 |
Kesalahan Dan Miskonsepsi Matematis |
3 |
|
||
Jumlah SKS |
14 |
|
|||
8 |
1 |
UAJ 106 |
Skripsi |
6 |
Seminar Pendidikan |
Jumlah SKS |
6 |
|
|||
Total SKS |
144 |
|
Ket: *Mata Kuliah Pilihan
DOSEN
No. | Nama | Pendidikan |
---|---|---|
1 | DIAN FITRA | S2 |
2 | MELINDA YUSRI RIZKI | S2 |
3 | ULFA HUSNAH | S2 |
4 | AGUNG TRALISNO | S2 |
5 | MENRISAL | S2 |
6 | META SILVIA GUNAWAN | S2 |
7 | FAHRUL ILMI | S2 |
8 | RIAN NOVITA | S2 |
9 | RARRI BIAN RYANDI | S2 |