Program studi pendidikan matematika merupakan salah satu prodi di bawah naungan Universitas Adiwangsa Jambi yang telah memperoleh izin operasional pada tanggal 18 September 2017 melalui Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 495/KPT/I/2017. Program studi pendidikan matematika saat ini telah memperoleh akreditasi BAIK berdasarkan Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan Nomor 203/SK/LAMDIK/Ak/S/I/2023 yang dikeluarkan pada tanggal 31 Januari 2023.
VISI
"Menjadi program studi pendidikan matematika yang unggul, tepercaya dan mampu menghasilkan guru Matematika yang adaptif serta berjiwa Socio-Technopreneurship pada tahun 2030"
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dibidang Pendidikan Matematika yang berkualitas setara dengan perguruan tinggi terkemuka di Jambi pada tahun 2030.
- Melaksanakan penelitian dan publikasi dalam rangka mengembangkan ilmu pendidikan matematika;
- Menerapkan hasil penelitian dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan matematika dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat;
- Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat regional dan nasional untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran matematika, penelitian, publikasi serta pengabdian kepada masyarakat.
- Menyelenggarakan tata kelola program studi Pendidikan Matematika yang berkualitas dan modern dengan memanfaatkan teknologi tepat guna.
TUJUAN
- Menghasilkan lulusan pendidik dan tenaga pendidikan yang berkualitas dan professional
- Menghasilkan penelitian dan publikasi dalam rangka mengembangkan ilmu pendidikan matematika
- Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang bermanfaat bagi masyarakat
- Tercapainya kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat regional dan nasional untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran matematika, penelitian, publikasi serta pengabdian kepada masyarakat.
- Terwujudnya tata kelola program studi pendidikan matematika yang berkualitas dan modern dengan memanfaatkan teknologi tepat guna.
PROSPEK LULUSAN
- Mampu mengelola proses pembelajaran, menguasai berbagai metode, media dan sumber belajar.
- Mampu menguasai dan mengikuti perkembangan iptek serta mengimplementasikannya sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran.
- Mampu melakukan penelitian dan mengimplementasikan hasil penelitian di bidang pendidikan matematika.
- Memiliki jiwa socio-technopreneurship.
KURIKULUM
Semester | No | Kode MK | Matakuliah | SKS | Pra-Syarat |
1 |
UAJ 101 |
Pendidikan Agama |
2 |
||
2 |
UAJ 102 |
Bahasa Indonesia |
2 |
||
3 |
UAJ 103 |
Pendidikan Pancasila |
2 |
||
4 |
KIP 101 |
Pengantar Ilmu Pendidikan |
2 |
||
1 | 5 |
KIP 102 |
Bahasa Inggris |
2 |
|
6 |
MAT 101 |
Statistika dasar |
3 |
||
7 |
MAT 102 |
Aljabar |
3 |
||
8 |
MAT 103 |
Pengantar Dasar Matematika |
3 |
||
9 |
MAT 104 |
Kalkulus Diferensial |
3 |
||
Jumlah SKS | 22 | ||||
2 | 1 |
UAJ 104 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
|
2 |
KIP 103 |
Belajar dan Pembelajaran |
2 |
|
|
3 |
KIP 106 |
Pendidikan Sosial dan Budaya |
2 |
|
|
4 |
MAT 105 |
Aplikasi Komputer Matematika |
3 |
|
|
5 |
MAT 106 |
Trigonometri |
3 |
|
|
6 |
MAT 107 |
Teori Bilangan |
2 |
|
|
7 |
MAT 108 |
Geometri |
3 |
|
|
8 |
MAT 109 |
Kalkulus Integral |
3 |
Kalkulus Diferensial |
|
9 |
MAT 130 |
Kapita Selekta Pendidikan Matematika |
2 |
|
|
Jumlah SKS |
22 |
|
|||
3 | 1 |
KIP 104 |
Perkembangan Peserta didik |
2 |
|
2 |
KIP 105 |
Psikologi Pendidikan |
2 |
|
|
3 |
MAT 113 |
Geometri Analitik Bidang dan Ruang |
3 |
Geometri |
|
4 |
MAT 115 |
Kalkulus Vektor |
3 |
Kalkulus Integral |
|
5 |
MAT 119 |
Kurikulum dan Pembelajaran Matematika |
3 |
|
|
6 |
MATP 120 |
Strategi Pembelajaran Matematika |
3 |
|
|
7 |
MAT 124 |
Algoritma dan Pemrograman |
3 |
|
|
8 |
MATP 126 |
Perencanaan Pembelajaran Matematika |
3 |
|
|
Jumlah SKS |
22 |
|
|||
4 | 1 |
MAT 117 |
Program Linear |
3 |
|
2 |
MAT 118 |
Geometri Transformasi |
3 |
Geometri Analitik Bidang & Ruang |
|
3 |
MAT 151 |
Analisis Real |
3 |
|
|
4 |
MATP 125 |
Evaluasi Pembelajaran Matematika |
3 |
|
|
5 |
MAT 127 |
Multimedia Pembelajaran Matematika |
3 |
|
|
6 |
MAT 138 |
Teori Graf |
3 |
|
|
7 |
MAT 145 |
Matematika Kontekstual |
3 |
|
|
Jumlah SKS |
21 |
|
|||
5 | 1 |
KIP 107 |
Metodologi Penelitian Pendidikan |
3 |
|
2 |
MAT 114 |
Aljabar Linear |
3 |
|
|
3 |
MAT 123 |
Persamaan Diferensial |
3 |
Kalkulus Vektor |
|
4 |
MAT 129 |
Matematika Diskrit |
3 |
|
|
5 |
MAT 132 |
Analisis Kompleks |
3 |
|
|
6 |
MAT 150 |
Statistika matematika |
3 |
|
|
Jumlah SKS |
18 |
|
|||
6 | 1 |
UAJP 105 |
Enterpreneurship |
2 |
|
2 |
KIPP 108 |
Profesi Kependidikan |
3 |
|
|
3 |
MAT 131 |
Metode Numerik |
3 |
|
|
4 |
MAT 133 |
Struktur Aljabar |
3 |
|
|
5 |
MAT 135 |
Matematika Ekonomi |
3 |
|
|
6 |
MATP 142 |
Penelitian Kualitatif |
3 |
|
|
7 |
MAT 152 |
Pembelajaran Mikro |
2 |
|
|
Jumlah SKS |
19 |
|
|||
7 | 1 |
KIPP 109 |
Seminar Pendidikan |
3 |
|
2 |
KIP 110 |
Program Pengenalan Lapangan (PPL) |
4 |
|
|
3 |
Mata Kuliah Pilihan Peminatan (Edupreneur matematika dan asisten peneliti) |
7 |
|
||
*Edupreneur |
|
|
|||
MAT 140 |
Pemrograman Desain Web |
2 |
|
||
MAT 121 |
Produksi Media pembelajaran matematika |
3 |
|
||
MAT 146 |
Digitalisasi Pembelajaran Matematika |
2 |
|
||
*Asisten Peneliti |
|
|
|||
MAT 147 |
Penelitian Pengembangan |
2 |
|
||
MAT 148 |
Trend Penelitian Pendidikan Matematika |
2 |
|
||
MAT 149 |
Kesalahan Dan Miskonsepsi Matematis |
3 |
|
||
Jumlah SKS |
14 |
|
|||
8 |
1 |
UAJ 106 |
Skripsi |
6 |
Seminar Pendidikan |
Jumlah SKS |
6 |
|
|||
Total SKS |
144 |
|
Ket: *Mata Kuliah Pilihan
DOSEN
No. | Nama | Pendidikan |
---|---|---|
1 | DIAN FITRA | S2 |
2 | MELINDA YUSRI RIZKI | S2 |
3 | ULFA HUSNAH | S2 |
4 | AGUNG TRALISNO | S2 |
5 | MENRISAL | S2 |
6 | META SILVIA GUNAWAN | S2 |
7 | FAHRUL ILMI | S2 |
8 | RIAN NOVITA | S2 |
9 | RARRI BIAN RYANDI | S2 |